Pengertian APK | MyKumandroid

Pengertian APK - Dalam kesempatan yang luar biasa ini, saya Admin Ridho akan sharing sedikit tentang . Semoga saja agan semua dapat mengerti maksud dan tujuan kami memposting Pengertian APK. Selamat membaca ! :-)

APK sudah tidak asing lagi bagi kita pengguna Android. Sering kali kita mendengar istilah APK, namun apakah pengertian APK ? Apa fungsi APK ? sehingga dinamakan demikian. APK adalah model paket aplikasi Android (Android PacKage) yang umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang dijalankan pada perangkat Android. APK pada dasarnya berisi kompres file seperti zip file, karena berisi dari kumpulan file.


APK dapat diperoleh dari berbagai metode, mulai dari mengunduh sendiri di Googe Playstore, download dari sebuah situs kemudian agan instal sendiri secara manual, memindah dari personal komputer, maupun membuat dan mengembangkan sendiri dengan bahasa yang sebagian besar berbasis java. APK biasanya sudah ada atau disertakan bersama dengan ROM, namun sebagian besar yang kita ketahui APK berarti aplikasi yang kita instal hasil dari pengembangan developer Android baik berupa tools, game, organizer, internet ataupun aplikasi lainnya.

Hampir seluruh aplikasi installer Android berjenis ini. Namun walaupun berbasis Android, file APK tidak memerlukan koneksi internet saat melakukan instalasi dan umunya hanya berisi satu file saja.  Mencari dan mengunduh file APK memungkinkan anda untuk mengakses aplikasi yang telah bocor terlebih dahulu sebelum dirilis oleh mereka. APK file baru memberikan agan akses awal untuk semua fitur baru yang menarik yang mungkin tidak akan tersedia tempat lain untuk agan.

File APK juga memungkinkan agan untuk melangkahi operator untuk mendapatkan update terbaru dari Google, yang dapat mengambil waktu sangat lama untuk mengambil update dari jaringan agan, dan jika perangkat android agan tidak memiliki akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan untuk menginstal aplikasi pada perangkat agan-agan semua.

Struktur file APK
Kembali lagi ke file zip, pada file zip pasti terdapat sebuah file. Sama seperti file APK, file ini memiliki sebuah file lagi yang menjadi fondasi dalam sebuah APK. Berikut beberapa strukturnya antara lain :
  • AndroidManifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari berbagai perintah dan informasi ke file lainnya. Maksud lebih jelasnya, ini sebagai sebuah pemerintahan dalam sebuah negara.
  • Build.xml : Ini adalah sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device agan.
  • Bin/ : Disini terdapat hasil APK juragan.
  • Res/ : Disinilah letak berbagai sumber komponen, seperti GUI, User Interface, Layout, String gambar dan lain-lain. Bisa dibilang ini salah satu juga yang terpenting dalam sebuah aplikasi.
  • Src/ : Inilah tempat Activity, direktori inilah yang menjadi sumber Class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya saat kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif.
  • Assets/ : Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device.

Demikian postingan dari KUMANDROID.com tentang Pengertian APK semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan juragan Android semua. Jangan lupa tinggalkan komentar ya :-)
Apk News
Post a Comment
Top comments
Newest first
Link copied successfully.